Categories

Selasa, 22 Januari 2013

Bupati Pidie: Gempa 6,0 SR Bencana Kabupaten, Tidak Perlu Masa Tanggap Darurat

2 comments

Pidie – Terkait Gempa bumi berkekuatan 6,0 SR yang menguncang Aceh sesaat sebelum azan Subuh berkumandang, Selasa (22/1), Bupati Pidie Sarjani Abdullah mengatakan bahwa bencana ini termasuk kedalam kategori bencana kabupaten dan tidak perlu ada masa tanggap darurat.

“Mengenai bantuan, Pemkab sudah memberikan bantuan Sembako kepada para korban dan juga termasuk lauk pauk,” ujar bupati.

Sarjani menambahkan, pihaknya sangat prihatin terhadap musibah ini, dan berharap kepada korban agar tabah dalam menghadapai cobaan ini. “Pemkab Pidie tetap akan membantu pemulihan para korban,” janji Bupati.

Dua Versi Berbeda Terkait Pusat Gempa

Mengenai pusat gempa yang terjadi menjelang Subuh tadi, ada dua versi berbeda. Menurut data yang dirilis BMKG, gempa terjadi di lautan dengan kekuatan 6,0 SR. Pusat gempa berjarak sekitar 15 KM arah barat daya Kota Banda Aceh, tepatnya berada diantara Pulau Breuh (Pulo Aceh ) dan Kota Banda Aceh dengan kedalaman 84 KM.

Sementara berdasarkan data dari United States Geological Survey (USGS) atau Badan Geologi Amerika Serikat, gempa terjadi di daratan dengan kekuatan 5,9 SR. Pusat gempa berada sekitar 55 KM dari Kota Sigli dengan kedalaman 16,6 KM. (cc/al3)

2 komentar:

  1. Perbedaan episenter sangat dimungkin salah karena BMKG harus menentukan episenter dalam waktu sesingkat-singkatnya. Namun terlepas dari perbedan episenter tersebut, kewaspadaan kita terhadap potensi gempa harus di dahulukan. Kenali penyebab gempa bumi, sehingga kita tahu harus berbuat apa pada saat SEBELUM, KETIKA DAN SESUDAH gempa terjadi. Oya, ini ada website Putra Pidie yang membahas tentang bencana www.ibnurusydy.com, semoga bermanfaat keu ureung kampoeng loen.

    BalasHapus
  2. Senang sekali bisa berkunjung ke web anda, terus hadirkan info menarik lainyya ya.. suksws selalu...
    Samsung Galaxy J1
    Samsung Galaxy Note 2
    Samsung Galaxy Mini 2
    Samsung Galaxy W

    BalasHapus